a

Ketua GP NasDem Pemalang Pelopori Olah Sampah Mandiri

Ketua GP NasDem Pemalang Pelopori Olah Sampah Mandiri

PEMALANG (27 Januari): Ketua DPD Garda Pemuda (GP) NasDem Kabupaten Pemalang Jawa Tengah, Teguh Feriandi menjadi pelopor pengelolaan sampah organik serta budidaya larva BSF (maggot). Pria yang akrab disapa Andi itu memanfaatkan lahan sederhana di kediamannya untuk mengolah sampah secara mandiri.

“Bank sampah yang kita agendakan sudah berjalan. Kita fokus pada pengolahan dan pengelolaan sampah dengan budidaya larva BSF (maggot),” kata Andi, Kamis (27/1).

Menurut Andi, bank sampah yang dikelolanya punya keistimewaan tersendiri salah satu fokus dia adalah mengelola sampah yang ada di TPS yang ada di Pasar Sayur dan Pasar Induk Kabupaten Pemalang.

“Sampahnya kita ambil dan pilah organik dan anorganik,” tambah dia.

Selanjutnya hasil pengolahan sampah organik yang kemudian menjadi pakan maggot tersebut menghasilkan nilai ekonomi yang menjanjikan. Maka dari itu tak heran, masyarakat sekitar rumah Andi sangat terbuka dan menyambut baik pengolahan sampah ini karena maggot bisa dipergunakan sebagai pakan ternak dan lele.

Lebih jauh Andi menjelaskan bahwa pengelolaan sampah organik serta budi daya maggot ini juga ia kelola bersama para pengurus Garda Pemuda. Sehingga hasil dari pengolahannya bisa untuk tambahan kehidupan para pengurus Garda Pemuda NasDem Pemalang.

“Selain itu, sebagian kami gunakan untuk Jumat Berkah dengan berbagi kepada sesama. Harapannya dengan upaya swadaya ini kita bisa bersama-sama mengenalkan NasDem kepada masyarakat,” kata dia.

Meski masih menggunakan dana pribadi, Andi tak pernah lupa untuk terus membina masyarakat sehingga turut meningkatkan kiprah Partai NasDem di tengah masyarakat terutama di sekitar Pemalang Kota.

“Sasarannya untuk Pemalang Kota, terutama Kecamatan Pemalang dan Kecamatan Taman. Untuk mengenalkan partai ID. Kami ingin membesarkan GP agar bisa dikenal masyarakat lewat pengelolaan sampah,” pungkas dia.

(Nasdem Jateng/WH)

Add Comment