a

Martin Manurung Dorong Revitalisasi Pelabuhan Batu Ampar Dilanjutkan

Martin Manurung Dorong Revitalisasi Pelabuhan Batu Ampar Dilanjutkan

BATAM (23 Juni): Perkembangan revitalisasi Pelabuhan Batu Ampar yang dikerjakan Badan Pengusahaan (BP) Batam dan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) menjadi sorotan Komisi VI DPR RI.

Revitalisasi yang sempat terkendala tersebut kini telah mencapai kemajuan di tahap pertama dan kedua, sehingga menandai kemajuan signifikan dalam upaya meningkatkan kapasitas dan daya saing pelabuhan.

Kerja sama dua mitra kerja Komisi VI antara persero yang berada di bawah PT PPA sebagai BUMN dan juga BP Batam yang selama ini masih terkendala, sekarang sudah selesai untuk tahap satu dan tahap dua. Jadi kita akan dorong terus untuk bisa tetap sesuai rencana ke tahap tiga dan seterusnya,” ungkap Wakil Ketua Komisi VI DPR Martin Manurung saat meninjau Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (20/6).

Legislator NasDem yang akan kembali duduk di Senayan 2024-2029 ini juga mengatakan, revitalisasi bertujuan mengurangi ketergantungan pada pelabuhan luar negeri, terutama Singapura. Meskipun volume perdagangan Batam masih tertinggal, adanya direct call dari luar negeri ke Batam merupakan langkah maju yang signifikan.

Martin menambahkan, revitalisasi ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik Batam sebagai pusat logistik dan perdagangan internasional.

Pelabuhan Batu Ampar diharapkan mampu menampung lebih banyak kapal dan menangani volume kargo yang lebih besar, mengurangi ketergantungan pada pelabuhan di negara tetangga. Namun, perjalanan revitalisasi ini tidak tanpa hambatan. (dpr.go.id/*)

Add Comment