a

Integritas Penyelenggara Pemilu Harga Mati

Integritas Penyelenggara Pemilu Harga Mati

JAKARTA (14 Januari): Sekretaris Fraksi Partai NasDem DPR RI, Saan Mustopa menegaskan bahwa integritas penyelenggara pemilu merupakan harga mati. Integritas pelaksana pemilu menjadi titik awal untuk menjadikan Pemilu Serentak 2024 sebagai pijakan demokrasi Indonesia yang berkualitas.

“Integritas itu menyangkut banyak hal seperti reputasi, kemandirian, independensi dan tidak tergoda tarikan-tarikan politik. Integritas merupakan hal utama bagi penyelenggara pemilu dan dalam penyelenggaraan pemilu. Reputasi yang baik menjadi sangat penting dalam pemilu serentak karena tingkat kerumitannya,” ujar Saan dalam seminar ‘Pentingnya Penyelenggara Pemilu yang Berintegritas’ yang disiarkan kanal YouTube TVMu, Kamis (13/1).

Wakil Ketua Komisi II DPR RI tersebut menjelaskan, Pemilu 2024 memiliki tingkat kerumitan yang tinggi karena dibayang-bayangi pandemi Covid-19. Untuk itu penyelenggara pemilu perlu memiliki kemampuan manajerial kepemiluan yang sangat memadai.

“Mereka akan mengelola pemilu yang sangat besar dan terstruktur sampai tingkat TPS (Tempat Pemungutan Suara). Kemampuan manajerial ini sangat penting. Bagaimana mereka bisa mengonsolidasikan seluruh aparat pemilu, mengawasi dan mengontrol penyelenggaraan pemilu,” kata Legislator NasDem tersebut.

Penyelenggara pemilu, tambah Saan, juga harus mampu meyakinkan publik antara pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan anggota legislaif (Pileg) sama pentingnya.

“Dengan demikian pemilih tidak hanya memperhatikan pilpres tapi mengabaikan pemilihan legislatif,” tandas Legislator NasDem dari Dapil Jawa Barat VII (Kabupaten Bekasi, Karawang, Purwakarta) tersebut.

Hadir pula dalam seminar tersebut anggota Tim Seleksi Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) 2022-2027 Endang Sulastri, peneliti ahli utama Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro, serta mahasiswa Magister Ilmu Politik dan Magister Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta. (MI/*)

Add Comment