a

NasDem Harap PLTMG Holtekamp Dorong Pertumbuhan Industri Papua

NasDem Harap PLTMG Holtekamp Dorong Pertumbuhan Industri Papua

JAYAPURA (25 April): Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto mengatakan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Holtekamp 50MW milik PT PLN (Persero) di Jayapura, Papua, menjadi salah satu base load (beban listrik dasar) pada kelistrikan di Jayapura.

Sugeng berharap, dengan beroperasinya PLTMG tersebut masyarakat dapat menikmati energi listrik yang merata hingga ke pelosok daerah serta mendukung pertumbuhan industri di daerah.

“Kita memperoleh gambaran, dari sisi ketersediaan listrik cukup. Bahkan ada cadangan lebih sekitar 54MW atau 51 persen. Itu sudah termasuk tinggi. Hanya memang cadangan itu harus tersebar rata dan tidak di satu tempat,” ujar Legislator NasDem itu saat memimpin Tim Kunker Komisi VII DPR RI di PLTMG Holtekamp 50 MW, Jayapura, Papua, Sabtu (23/4).

Legislator Partai NasDem ini menegaskan, ke depan, Papua akan menjadi pusat pertumbuhan baru bagi Indonesia. Pasalnya, cadangan sumber daya alam di Papua sangat banyak. Hal itu perlu ditunjang dengan kemampuan sumber daya manusia yang hebat dan tentu harus didukung dengan energi listrik yang memadai.

“Ada potensi energi yang besar dari (Sungai) Mamberamo, yakni sebesar 20giga. Memang hari ini belum dibangun, karena demand di Papua masih sangat rendah. Nanti seiring dengan kemajuan masyarakat Papua, itu akan kita bangun segera. Kita juga akan bangun industri-industri di Papua,” tandas Sugeng.

Dalam kunjungan tersebut, Komisi VII DPR RI juga didampingi Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara, Adi Priyanto serta  Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana serta Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana. (dpr.go.id/*)

Add Comment