a

Kementerian ESDM Harus Segera Bentuk BLU DMO Batu Bara

Kementerian ESDM Harus Segera Bentuk BLU DMO Batu Bara

JAKARTA (10 Agustus): Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto menyatakan, Komisi VII DPR mendesak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merealisasikan pembentukan Badan Layanan Umum (BLU) untuk Domestic Market Obligation (DMO) batu bara.

“Komisi VII DPR mendesak Menteri ESDM segera merealisasikan pembentukan BLU DMO batu bara untuk menyelesaikan permasalahan disparitas harga batu bara yang tinggi antara pasar domestik dan luar negeri,” kata Sugeng saat membacakan kesimpulan rapat Komisi VII DPR dengan Menteri ESDM, Arifin Tasrif, Selasa (9/8), di DPR, Senayan, Jakarta.

Untuk itu, lanjut Legislator NasDem ini, butuh regulasi yang bisa memayungi pembentukan BLU. Pada rapat kerja tersebut disepakati bahwa payung hukumnya berupa Peraturan Presiden (Perpres). Setelah Perpres terbit, Kementerian ESDM secepatnya membentuk BLU DMO batu bara tersebut.

Seperti diketahui, sebelumnya produk energi batu bara sempat mengalami krisis, hingga pemerintah menyetop ekspor batu bara di awal tahun ini. Bahkan PT PLN sempat kekurangan pasokan batu bara.

Anggota Komisi VII DPR yang menghadiri rapat banyak yang mempertanyakan kelangkaan batu bara di dalam negeri, sedangkan ekspor terus dilakukan. Untuk itu, Kementerian ESDM harus merespon dengan menyusun strategi dan kebijakan yang pas untuk mengatur DMO batu bara. (dpr/*)

 

Add Comment