a

Energi Bersih Jargas Bantu Tekan Subsidi

Energi Bersih Jargas Bantu Tekan Subsidi

DENPASAR (23 Oktober): Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto mendukung upaya PT Perusahaan Gas Negara (PGN) sebagai subholding gas PT Pertamina (Persero) dalam mengakselerasi pemanfaatan energi bersih ramah lingkungan.

“Pemanfaatan energi bersih dapat membantu pemerintah dalam menekan subsidi energi melalui pembangunan Jaringan Gas Rumah Tangga (Jargas),” ungkap Sugeng saat melakukan pertemuan dengan Direktur Utama PT PGN (Persero) Tbk, Muhammad Haryo Yunianto dan jajarannya di Seminyak,  Rabu (19/10) malam.

Baca juga: Sugeng Ingatkan Industri Batu Bara Soal Transisi Energi Bersih

Komitmen tersebut, tambah Sugeng, dapat diwujudkan PGN dengan memulai pembangunan Jargas GasKita di 15 titik melalui skema investasi internal.

“Pembangunan di 15 titik itu terdiri dari empat provinsi, yaitu Lampung, Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, Banten, dan Jawa Barat (Jabar). Meliputi 11 kabupaten dan kota, yaitu Lampung, Bekasi, Cilegon, Cirebon, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Karawang, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Bogor,” urai Sugeng saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi VII di Bali.

Legislator NasDem dari Dapil Jateng VI (Banyumas-Cilacap) itu menambahkan bahwa pembangunan Jargas GasKita merupakan bagian dari komitmen PGN dalam mengembangkan pemanfaatan energi domestik nasional melalui skema investasi internal. Program tersebut, sekaligus dalam upaya mengurangi subsidi energi impor yang menjadi salah satu beban APBN.

“Program Jargas juga masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dengan target 4.000.000 sambungan rumah tangga (SR) di seluruh Indonesia,” tandas Sugeng lagi.

(dpr.go.id/*)

Add Comment