a

NasDem Sulteng Latih Para Calon Komisi Saksi di Donggala

NasDem Sulteng Latih Para Calon Komisi Saksi di Donggala

PALU (20 Agustus): Salah satu elemen penting dalam pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) adalah keberadaan para saksi yang berperan besar ikut mengawal jalannya Pemilu dari tingkat terbawah agar dapat berjalan dengan jujur dan adil.

Demikian diungkapkan oleh Ketua Komisi Saksi Nasional (KSN) DPW Partai NasDem Sulawesi Tengah (Sulteng), Ikhsan, dalam kegiatan fit and proper test calon Komisi Saksi Nasional (KSN) NasDem Kabupaten Donggala, Minggu (20/8).

“Partai NasDem menilai, saksi adalah perwakilan yang mendapatkan mandat peserta Pemilu yang bertugas memastikan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata Iksan.

Dia melanjutkan, kegiatan fit and proper test bagi calon Komisi Saksi Nasional (KSN) merupakan langkah awal strategis yang tepat. Hal tersebut dilakukan, karena para calon saksi nantinya harus tahu betul situasi dan kondisi daerah serta TPS yang akan dipantau.

“Para calon saksi harus memahami secara detail dan terperinci tentang aturan – aturan main yang berada di TPS – TPS serta harus cermat saat proses penghitungan suara,” ujar dia.

Pada kesempatan yang sama, anggota tim fit and proper test Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW Partai NasDem Sulawesi Tengah Nasution Camang, mengatakan dalam kegiatan Pemilu 2024 mendatang, para calon KSN akan berperan sebagai pengelola saksi dari Partai NasDem di setiap TPS. Selain itu tugas menjadi saksi, kata dia merupakan salah satu yang memiliki peran vital.

“Tugas utama menjadi saksi partai politik adalah memastikan bahwa proses pemungutan dan penghitungan suara di setiap TPS, berjalan dengan jujur dan adil sesuai dengan peraturan yang berlaku,“ kata pria yang juga merupakan Wakil Ketua Media dan Komunikasi Publik NasDem Sulteng itu.

Fit and proper test calon KSN Kabupaten Donggala kali ini diikuti oleh kurang lebih 20 orang yang berasal dari kader Partai NasDem yang ada di wilayah Donggala. (WH)

Add Comment