a

Banyak Uang Negara Diselamatkan, NasDem Nilai KPK Masih Efektif

Banyak Uang Negara Diselamatkan, NasDem Nilai KPK Masih Efektif

JAKARTA (23 Agustus): Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni, menilai kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejauh ini cukup memuaskan dengan mengungkap berbagai kasus korupsi. Menurutnya, usulan pembubaran lembaga antirasuah ini harus melihat rekam jejak kinerja.

“Selama ini jelas KPK mengerjakan fungsinya dengan baik. Kasus yang dibongkar dan ditangani sangat banyak dan sangat besar uang negara yang diselamatkan. Saya rasa efektivitas KPK masih sangat oke,” ujar Sahroni, Selasa (22/8).

Legislator NasDem itu mengatakan, usulan pembubaran KPK dapat disampaikan seluruh pihak untuk memperbaiki suatu lembaga. Meski begitu, usulan harus mempertimbangkan rekam jejak lembaga tersebut.

“Semua orang berhak menilai sebuah institusi. Namun, tetap kita harus melihat data dan rekam jejak,” kata Sahroni.

Sahroni tidak menampik masih ada kekurangan dari KPK. Menurutnya, masalah yang sering terjadi di KPK adalah koordinasi antara pimpinan, hingga masih kurangnya tindakan pencegahan.

“Walau memang tetap ada kekurangan. Misalnya KPK masih banyak PR di bidang pencegahan. Dan yang akhir-akhir ini saya kritisi adalah masalah koordinasi antar-pimpinan yang terkadang missed dan sempat terlihat di publik,” tukas Legislator NasDem dari Dapil DKI Jakarta III (Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu) itu.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pengarah BPIP, Megawati Soekarnoputri, mengaku pernah meminta Presiden Jokowi untuk membubarkan KPK. Mega menilai lembaga antirasuah tersebut tidak lagi efektif. (21/8).(dis/*)

Add Comment