a

Sugeng Dukung Anggaran BRIN untuk Majukan Riset

Sugeng Dukung Anggaran BRIN untuk Majukan Riset

JAKARTA (31 Agustus): Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto, mendukung berapapun permintaan anggaran Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), asalkan tujuan penggunaan anggaran itu jelas untuk meningkatkan kapasitas bangsa dalam hal riset.

“Karena kita sadar betul bahwa bangsa yang akan maju adalah bangsa yang memang mendorong habis-habisan kemajuan riset,” ujat Sugeng saat memimpin Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR dengan Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/8).

Legislator NasDem itu menilai riset yang maju adalah bagian penting bagi kemajuan bangsa Indonesia. Sugeng bahkan mengatakan, sebuah negara harus mau mengorbankan hingga sekian persen dari PDB (Produk Domestik Bruto) nya untuk riset.

Komisi VII DPR RI juga mengapresiasi capaian opini WTP (wajar tanpa pengecualian) yang diterima BRIN dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) selama lima tahun berturut-turut, meski tahun lalu BRIN sempat mendapatkan opini wajar dengan pengecualian (WDP).

Komisi VII DPR juga minta penjelasan laporan pertanggungjawaban tahun 2022 dari BRIN. BRIN diminta untuk menindaklanjuti dan memperbaiki hasil temuan dari BPK. (dpr.go.id/*)

Add Comment