a

Sebanyak 1.900 Pelajar di Makale Terima Beasiswa PIP Jalur Aspirasi

Sebanyak 1.900 Pelajar di Makale Terima Beasiswa PIP Jalur Aspirasi

MAKALE (1 September): Sebanyak 1.900 peserta didik di Makale, Tana Toraja, mendapatkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) jalur Aspirasi Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Eva Stevany Rataba. Para orang tua murid antusias menerima beasiswa tersebut.

Penyerahan beasiswa berlangsung di Gedung Tammuan Mali Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Jumat (1/9). Penyerahan beasiswa itu disaksikan para orang tua siswa SD, SMP dan SMA/SMK se-Kecamatan Makale.

Eva Stevany Rataba menyatakan, beasiswa PIP tersebut berguna untuk menekan angka putus sekolah di Tana Toraja. Menurutnya, pembentukan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan adalah hal penting.

“Ini beasiswa PIP melalui jalur aspirasi. Jadi sebanyak 1.900 peserta didik SD, SMP dan SMA yang mendapat. Ini agar angka putus sekolah di Tana Toraja dapat ditekan,” ujar Eva.

Legislator NasDem dari Dapil Sulawesi Selatan III (Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja, Toraja Utara, Enrekang, Sidrap, Pinrang dan Kota Palopo) itu mengatakan, orang tua tidak punya lagi alasan untuk tidak menyekolahkan anaknya. Eva berharap beasiswa tersebut bisa digunakan dengan baik.

“Jangan lagi ada anak yang putus sekolah hanya karena tidak ada biaya. Apa gunanya gedung mewah, sarana dan prasarana sekolah bagus tapi tanpa SDM yang unggul,” tandasnya.

Salah satu orang tua murid penerima beasiswa, Kristina, mengaku senang mendapat bantuan tersebut.

“Senang, karena sudah bisa sedikit bantu ekonomi untuk sekolahkan anak-anak. Jadi tidak terlalu berat untuk memikirkan biaya sekolah,” katanya.

Kristina mengungkapkan, dirinya yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga menyekolahkan tiga anaknya yang duduk di bangku SD dan SMP. Dengan adanya PIP tersebut, beban biaya sekolah anaknya berkurang.

“Beban sedikit berkurang karena tidak lagi pikir biaya sekolah. Apalagi kita ini hanya ibu rumah tangga. Dua anak di SD dan satu di SMP. Puji Tuhan sudah saya dapat PIP ini. Terima kasih ibu Eva Rataba” ungkapnya.

Untuk diketahui, pada tahap pertama 2023, Eva melalui aspirasinya telah menyalurkan 15 ribu beasiswa untuk pelajar di Toraja. (Media Center ESR)

Add Comment