a

Sugeng Dorong Tingkatkan Lifting Migas

Sugeng Dorong Tingkatkan Lifting Migas

JAKARTA (1 September): Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto, mendorong agar lifting minyak dan gas (Migas) nasional ke depan dapat lebih tinggi atau meningkat.

“Mengingat kita memiliki target lifting minyak sebesar satu juta barel per hari dan 12 miliar standar kaki kubik per hari pada tahun 2030,” ujar Sugeng saat memimpin Rapat Kerja Komisi VII DPR dengan Menteri ESDM Arifin Tasrif, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (31/8).

Legislator NasDem itu meminta pemerintah dapat meningkatkan eksplorasi discovery (sumur-sumur penemuan migas) untuk menggenjot ladang migas yang sudah ada.

Menurut Sugeng, dalam Raker Komisi VII DPR dengan Menteri ESDM sebelumnya, Komisi VII DPR telah menyetujui kisaran atau range asumsi dasar sektor ESDM dalam RAPBN 2024.

Bahkan, lanjut Sugeng, sebelumnya Presiden dalam sidang bersama DPR/MPR juga telah membacakan nota keuangan pemerintah. Saat itu disampaikan asumsi dasar di sektor ESDM di antaranya harga minyak mentah Indonesia berada di angka US$80 per barel. Lalu, lifting minyak 625 ribu barel per hari, serta lifting gas sebesar 1,033 juta barel setara minyak per hari.

Sementara itu, dalam Raker dengan Komisi VII DPR RI kali ini Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, usulan Indonesian Crude Price (ICP) sebesar US$80 per barel itu didasari atas realisasi rata-rata ICP Januari sampai dengan Juli 2023 sebesar US$75,21 per barel dan kecenderungan menurun. Dalam kesempatan itu, Menteri ESDM juga mengusulkan cost recovery sebesar US$8,25 miliar. (dpr.go.id/*)

Add Comment