a

Sugeng Harap SKK Migas Penuhi Target Lifting Migas

Sugeng Harap SKK Migas Penuhi Target Lifting Migas

JAKARTA (1 Desember): Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto, berharap SKK Migas mampu memenuhi target lifting migas nasional. Upaya SKK Migas yang terus mendorong kontraktor untuk meningkatkan produk hulu migas patut didukung.

“Kami mengucapkan selamat bahwa belum ada seminggu yang lalu telah diresmikan beroperasinya Tangguh Train III. Insyaallah dengan beroperasinya Train III, target-target lifting di gas akan bisa dipenuhi,” ujar Sugeng dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR dengan Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (30/11).

Legislator NasDem itu menjelaskan, hingga semester pertama 2023, lifting migas baru mencapai angka kisaran 620.000 barel minyak per hari atau 93,9% dari target APBN 2023 sebesar 660.000 barel minyak per hari.

Sedangkan untuk gas bumi, realisasi salur gas bumi untuk triwulan pertama 2023, berada pada angka 5.399 juta standar kaki kubik per hari atau MMSCFD (87,6%) dari target sebesar 6.160 juta standar kaki kubik per hari.

Sugeng mengungkapkan, meskipun pemerintah telah melakukan upaya simplifikasi perizinan dan kemudahan di bidang investasi hulu migas, realisasinya masih relatif rendah. Saat ini pencapaian realisasi investasi hulu migas pada triwulan pertama 2023 hanya mencapai US$2,63 miliar (16,9%) dari target sebesar US$15,54 miliar.

“Karena itu pada kesempatan ini Komisi VII DPR ingin memperoleh penjelasan yang detail dan komprehensif mengenai peluang peningkatan lifting migas dan investasi. Mengingat target lifting migas terus turun dan di 2024 kita hanya targetkan 635 ribu barrel per day saja,” tukas Sugeng.

(dpr.go.id/*)

Add Comment