a

NasDem Minta Harga BBM Baru Ramah Lingkungan tidak Beratkan Masyarakat

NasDem Minta Harga BBM Baru Ramah Lingkungan tidak Beratkan Masyarakat

JAKARTA (19 Januari): Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto mengungkapkan, jika memang akan ditetapkan Pertalite Plus dengan Ron 91 atau Pertamax yang konon lebih ramah lingkungan, maka pihaknya minta harganya sama dengan harga Pertalite saat ini, yakni sebesar Rp10.000 per liter.

“Saya juga mendengar, konon kabarnya akan ada BBM dengan Ron 91, yakni antara Pertalite yang selama ini ada, Pertalite Ron 90 dengan Pertamax Ron 92, untuk akhirnya nanti menuju standar Pertamax yang ramah lingkungan. Tetapi bagi kami tidak hanya bagus dari aspek ramah lingkungan, tapi juga yang harus diingat bagaimana ketersediaannya yang mudah dijangkau, mudah didapatkan. Dan yang terpenting tidak memberatkan masyarakat. Artinya, terjangkau untuk daya beli masyarakat,” papar Sugeng di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/1).

Menurut Sugeng, prinsip dasar dalam menetapkan BBM dan harga BBM saat ini adalah pertama, tidak memberatkan masyarakat; kedua, jika memang harus menggunakan subsidi maka jangan sampai membebani keuangan negara; dan ketiga, jangan memberatkan korporasi yang mendapat tugas untuk menyalurkan dan menjual BBM tersebut, yakni Pertamina.

“Karena kami, DPR baru saja memasuki masa persidangan, maka hal ini tentu akan kami bahas bersama lagi nanti. Yang pasti prinsip dasarnya seperti yang tadi saya jelaskan, ramah lingkungan, tidak memberatkan masyarakat, tidak membebani keuangan negara, serta tidak memberatkan korporasi yang bertugas menyalurkan dan menjual BBM tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, Dirut PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menjelaskan, Pertamax Green 92 merupakan campuran antara Pertalite dan bioetanol yang berasal dari tumbuhan dengan jumlah kadar yang berbeda-beda. Pertamax Green 92 mencampur Ron 92 dengan 7% bioetanol, sementara Pertamax Green 95 mencampur Pertamax dengan 8% bioethanol yang lebih ramah lingkungan. (dpr/*)

Add Comment