a

Perlu Gerak Bersama Hadapi Peningkatan Kasus DBD di Tanah Air

Perlu Gerak Bersama Hadapi Peningkatan Kasus DBD di Tanah Air

JAKARTA (22 Maret): Kesadaran pemerintah dan masyarakat harus ditumbuhkan untuk bergerak bersama melakukan upaya pencegahan dan pengobatan dalam menghadapi peningkatan kasus demam berdarah dengue (DBD) di Tanah Air.

“Pemerintah di setiap daerah harus mampu menggerakkan masyarakat dan aparatnya untuk bersama aktif melakukan pencegahan dengan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan menjaga kebersihan lingkungan,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/3).

Kementerian Kesehatan RI hingga pekan ke-11 tahun 2024 mencatat 35.556 kasus DBD dengan angka kematian 290 kasus. Jumlah itu jauh lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama pada 2023. Ketika itu kasus DBD pada minggu ke-11 dilaporkan 15.886 kasus dengan 118 kematian.

Menurut Lestari, tren peningkatan kasus dan kematian akibat DBD harus menjadi perhatian bersama, mulai dari upaya pencegahan hingga kecepatan deteksi dan pertolongan dalam setiap kasus yang terjadi.

Rerie, sapaan akrab Lestari, mendorong agar para pemangku kepentingan dan masyarakat bergerak bersama secara aktif melakukan gerakan PSN dengan 3M (Menguras tempat penampungan air. Menutup tempat-tempat penampungan air. Mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk Aedes Aegypti).

Selain itu, ujar Rerie yang juga legislator dari Dapil Jawa Tengah II (Kudus, Demak, Jepara) itu berpendapat, pemahaman masyarakat tentang gejala DBD dan penanganan darurat harus disosialisasikan secara masif dalam upaya mempercepat pertolongan sehingga mampu menekan angka kematian.

Menurut Rerie, kesiapan tenaga kesehatan dan kelengkapan kesehatan lainnya di daerah dalam menghadapi potensi ledakan kasus DBD harus segera direalisasikan dengan baik.

Koordinasi pemerintah pusat dan daerah, tegas anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus benar-benar diwujudkan dalam menghadapi tren peningkatan kasus DBD di Tanah Air.

Segenap daya dan upaya, tegas Rerie, harus dilakukan secara bersama oleh segenap anak bangsa untuk mengendalikan dan mengatasi penyakit DBD, agar kita tidak terus kehilangan generasi penerus bangsa karena penyakit yang sudah berjangkit di Indonesia sejak 1968 itu. (*)

Add Comment