a

Eva Rataba Dukung Agrowisata Kopi Toraja

Eva Rataba Dukung Agrowisata Kopi Toraja

RANTEPAO (23 April): Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Eva Stevany Rataba meninjau perkebunan kopi PT Toarco Jaya di Pedamaran, Lembang Sapan Kua-Kua, Kecamatan Buntao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Senin (22/4).

Dalam kunjungannya itu, Eva melihat langsung kebun serta proses produksi kopi yang di lakukan PT Toarco Jaya.

Ia mengapresiasi dan mendukung keberadaan perkebunan PT Toarco Jaya menjadi agrowisata kopi dan bisa terus ditingkatkan sebab memiliki dampak positif. Bukan hanya bagi ekonomi masyarakat, khususnya bagi petani kopi, tapi juga secara umum mendukung sektor pariwisata yang menjadi unggulan Kabupaten Toraja Utara.

Saya berharap kehadiran PT Toarco Jaya bisa memberikan dampak multiplier pada peningkatan produksi dan kualitas kopi, kesejahteraan petani, dan tentunya juga pada sektor pariwisata,” ungkap legislator NasDem dari Dapil Sulawesi Selatan III (Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja, Toraja Utara, Enrekang, Sidrap, Pinrang dan Kota Palopo) tersebut.

Di kesempatan yang sama, Direktur Administrasi PT Toarco Jaya, Suwardi, yang mendampingi Eva mengatakan cikal bakal lahirnya Toarco berasal dari kerja sama antara Suladetco dan Unesco.

PT Toarco Jaya merupakan perusahaan yang memproduksi kopi arabika bermutu tinggi. Toarco adalah singkatan dari Toraja Arabica Coffee. Perusahaan ini memiliki kebun kopi seluas 530 hektare,” jelas Suwardi.

Turun mendampingi kunjungan Eva, Ketua DPD Partai NasDem Toraja Utara Yosia Rinto Kadang dan Kepala Lembang Sapan Kua – Kua Yosis Tandi Paty.

PT Toarco Jaya didirikan dari perusahaan patungan antara PT Utesco dari Indonesia dan Suladeco Ltd dari Jepang pada 1976, yang kemudian mendunia dan populer sebagai ‘Toraja Coffee’.

Pengawasan mutu yang ketat diberlakukan mulai dari pemetikan buah merah secara selektif , pengolahan basah yang sempurna, pengeringan biji yang tepat, pengupasan dan sortasi biji secara cermat, dan diakhiri dengan pengujian cita rasa (cup test). (Medcen ESR/*)

Add Comment