a

Kamran Muchtar Ingatkan Batas Wilayah DOB Harus Jelas

Kamran Muchtar Ingatkan Batas Wilayah DOB Harus Jelas

JAKARTA (4 Juni): Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Kamran Muchtar Podomi menerima tim Fraksi NasDem Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah di Ruang Rapat Fraksi Partai NasDem DPR RI Gedung Nusantara I Senayan, Jakarta, Jumat (31/5).

Kunjungan Fraksi Partai NasDem DPRD Kabupaten Tojo Una-Una guna menyerahkan dokumen usulan Daerah Ootono Baru (DOB) Kepulaun Togean sebagai kabupaten baru yang terpisah dari induknya, yakni Kabupaten Tojo Una-Una.

“Pemekaran daerah itu penting karena mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan memaksimalkan potensi daerah setempat,” ungkap Kamran yang juga anggota Panitia Kerja (Panja) Pemekaran Daerah.

Legislator NasDem dari Dapil Sulawesi Utara itu juga mengungkapkan, dengan adanya pemekaran daerah, potensi daerah berupa sumber daya alam dan sumber daya manusianya bisa dimaksimalkan.

“Oleh karena itu, agar di dalam naskah akademik harus sudah diatur batas-batas wilayahnya, kemampuan pendapatan daerah, jumlah penduduk, karakteristik wilayah, serta lokasi pemerintahan dan ketentuan persyaratan lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ungkap Kamran mengingatkan.

Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Kabupaten Tojo Una-Una Jafar M. Amin dalam kesempatan tersebut juga mengungkapkan, Kepulauan Togean jika ditetapkan sebagai kabupaten baru, akan cepat berkembang.

“Karena Kepulauan Togean memiliki potensi perikanan dan pariwisata yang sangat menjanjikan,” tegas Jafar Amin.

Ketua DPRD Kabupaten Tojo Una-Una, Mahmud Lahay yang ikut hadir dalam kunjungan tersebut menyampaikan harapan masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una dan Sulawesi Tengah pada umumnya kepada DPR RI untuk mendorong pemekaran Kepulauan Togean sebagai kabupaten otonomi bersama kabupaten lainnya di Sulawesi Tengah. (WH/*)

Add Comment