a

Subardi: Makna Berkurban adalah Kepedulian dan Solidaritas

Subardi: Makna Berkurban adalah Kepedulian dan Solidaritas

BANTUL (19 Juni): Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI, Subardi, mengatakan makna ibadah kurban adalah kepedulian, solidaritas, dan saling berbagi. Esensi ibadah ini adalah pembentukan pribadi yang soleh secara spiritual dan sosial.

Ibadah kurban sarat dengan nilai spiritual, moral, dan sosial. Esensinya adalah memotong sifat-sifat hewani dan mengorbankan untuk masyarakat,” kata Subardi di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (16/6).

Dalam perayaan Idul Adha 1445 H, Subardi menyerahkan sembilan sapi dan enam ekor kambing. Kurban tersebut tersebar di Kabupaten Sleman dan Bantul.

Di Kabupaten Sleman, Subardi menyerahkan kepada warga di Padukuhan Kandangan, Singojayan, Papringan, Kaliduren I, dan Sanggrahan. Sedangkan di Bantul, diserahkan kepada warga Padukuhan Sungapan, Ngenep, dan Padukuhan Loputih. Diharapkan hewan kurban ini menjadi perekat sosial antara dirinya dengan masyarakat.

Menurut Subardi, menyembelih hewan kurban tidak hanya melepaskan sebagian dari harta, tetapi memberikan apa yang kita miliki sebagai wujud pengabdian kepada Sang Pencipta.

Memuliakan masyarakat, berbagi dengan masyarakat, sekaligus menjadi ikatan bersama sebagai ibadah sosial,”ujarnya.

Selain di beberapa kalurahan, Subardi juga menyerahkan hewan kurban di Masjid Shirothul Jannah, Papringan, Depok, Sleman. Setiap tahun ia rutin berkurban di masjid yang tidak jauh dari kediamannya itu. (dis/*)

Add Comment