a

Nurhadi Harap Generasi Muda Tekuni Dunia Bisnis

Nurhadi Harap Generasi Muda Tekuni Dunia Bisnis

JAKARTA (20 Juni): Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Nurhadi, mengajak generasi muda khususnya generasi z (Gen Z) untuk berani menekuni usaha atau bisnis. Hal itu untuk mengatasi sulitnya lapangan kerja dan makin banyaknya angkatan kerja baru.

Kita tidak boleh hanya menyalahkan pemerintah. Kita tidak sadar bahwa Tuhan telah memberikan anugerah luar biasa untuk kita. Kita tidak menggali potensi dan hal positif dalam diri kita yang sebenarnya bisa kita eksplorasi lebih jauh, sehingga dapat menciptakan lapangan kerja minimal bagi diri sendiri,” ujar Nurhadi dalam FGD bertajuk ‘Tantangan Gen Z, di Tengah Melambatnya Pertumbuhan Lapangan Pekerjaan Global’, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/6).

Mengutip data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenker) per Februari 2024, Nurhadi mengatakan jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,2 juta orang. Di antara jutaan orang tanpa pekerjaan tersebut, sebanyak 10,5% berlatar berlatar pendidikan perguruan tinggi.

Bahkan masyarakat yang sebenarnya tingkat pendidikannya relatif tinggi, diploma, sarjana, dan di atasnya, juga banyak yang menganggur. Data ini dipaparkan Menteri Ketenagakerjaan di depan Komisi IX DPR pada 13 Juni lalu,” tandasnya.

Menurut Nurhadi, wirausaha menjadi jalan yang cukup realistis untuk mengurangi angka pengangguran tersebut. Untuk itu diperlukan akses akan informasi, pendidikan, dan permodalan terutama pada generasi muda.

Tidak ada yang tidak mungkin. Saya dari desa, bukan anak siapa-siapa dan memulai semua usaha saya juga dari nol,” demikian Nurhadi menceritakan kisah perjalanan bisnisnya.

Lebih lanjut Legislator NasDem dari Dapil Jawa Timur VI (Kabupaten Tulungagung, Kota Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, dan Kabupaten Blitar) itu juga meminta pemerintah memberikan solusi terkait masalah pengangguran tersebut. Selain memasifkan investasi, pemerintah juga diharapkan dapat mendukung penumbuhan UMKM baru yang telah terbukti menjadi penyerap tenaga kerja yang efektif.(dis/*)

Add Comment