a

Sugeng Pimpin Komisi VII DPR Tinjau Pemanfaatan EBT di IKN

Sugeng Pimpin Komisi VII DPR Tinjau Pemanfaatan EBT di IKN

SAMARINDA (21 Juni): Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah kota yang dibangun dengan smart city dan green city dengan memanfaatkan energi terbarukan yang merupakan bagian dari komitmen dalam konteks net zero emission.

Sehingga IKN ini kita cek, apakah betul membangun dengan konsep-konsep tersebut dan dilaksanakan,” ungkap Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto saat memimpin kunjungan kerja spesifik Komisi VII DPR dalam mengawasi pelaksanaan pembangunan Energi Baru Terbarukan (EBT) di IKN, Kalimantan Timur, Kamis (20/6).

Sugeng mengungkapkan, sejauh pengamatannya, progres tahap pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di IKN sudah berjalan sebesar 10 MW dari total target 50 MW.

Di samping itu banyak hal yang juga dipertanyakan Komisi VII DPR, salah satunya menyangkut Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang dinilai sangat penting dalam pembangunan IKN. Mengingat, hingga saat ini total APBN yang dikeluarkan untuk infrastruktur per 2024 sudah mencapai kurang lebih Rp37 triliun.

Komitmen pemerintah adalah pembangunan IKN akan memanfaatkan APBN 20% dari budget IKN Rp466 triliun. Nah inilah juga tadi kita menyaksikan langsung di lapangan memang telah terjadi membangun secara masif 24 jam terus dikerjakan,” tegas Legislator NasDem dari Dapil Jawa Tengah VIII (Kabupaten Cilacap dan Banyumas) itu.

(dpr.go.id/*)

Add Comment